Prinsip kerja ac
1.kerja bahan pendingin
bahan pendingin=>kedalam kompresor diisi freon=>menuju kondensor=>menuju saringan=>pipa kapiler=>mengalami penahanan=>menimbulkan tekanan di pipa kondensor=>ada cairan menuju evaporator=>menguap menyerap panas=>setelah jadi gas dihisap lagi oleh kompresor.
2.Kerja aliran udara
a.bagian depan
-fan meniup kondensor untuk mendinginkan=>sehingga udara yang keluar udara panas dari kondensor.
3.kerja alat listrik
-fan motor dan kompresor dengan alat pengaman&pengaturanya.
4.kompresor
-ketika ac dijalankan=>kompresor mengubah fluida gas tekanan rendah jadi gas bertekanan tinggi=>menuju kondensor
5.kondensor
-mengubah/mendinginkan gas tekanan tinggi berubah jadi cairan tekanan tinggi=>cairan dialirkan ke tabung.
Komponen utama ac:
1.kompresor
berfungsi menyalurkan gas keseluruh sistem
2.kondensor
berfungsi menukar kalor
3.pipa kapiler
berfungsi menurunkan tekanan/mengatur aliran menuju evaporator.
4.evaporator
berfungsi menyerap dan mengalirkan panas dari udara kependingin.
Komponen pendukung ac:
1.saringan/strainer
2.acumulator
berfungsi sebagai penampung sementara refrigeran cair bertemperatur rendah dan campuran pelumas evaporator.
3.oli kompresor
berfungsi melumasi kompresor
4.fan/blower
Komponen kelistrikan ac:
1.thermistor
berfungsi mengatur suhu yang letaknya di evaporator
ada thermister temperatur dan thermistor tabung dipipa evaporator.
2.pcb kontrol
berfungsi mengatur keseluruhan ac.
antaralain:thermistor,sensor,kapasitor,IC,trafo,fuse,sakelar,relay.
3.kapasitor
berfungsi menyimpan sementara muatan listrik dan sebagai penggerak kompresor pertamakali.
4.oveload motor protector
berfungsi sebagai pengaman motor listrik kompresor.
ada overload internal(didalam kompresor 1,5pk-2pk) dan overload eksternal(diluar kompresor 0,5pk-1pk)
5.motor listrik
berfungsi menggerakkan kipas outdoor dan indoor.
6.motor kompresor
berfungsi meggerakkan motor kompresor.
Tips Membeli AC Hemat Energi
2.Kerja aliran udara
a.bagian depan
-merupakan bagian dingin=>fan menghembuskan udara=>meniup evaporator sehingga udara yang keluar dingin.
b.bagian belakang-fan meniup kondensor untuk mendinginkan=>sehingga udara yang keluar udara panas dari kondensor.
3.kerja alat listrik
-fan motor dan kompresor dengan alat pengaman&pengaturanya.
4.kompresor
-ketika ac dijalankan=>kompresor mengubah fluida gas tekanan rendah jadi gas bertekanan tinggi=>menuju kondensor
5.kondensor
-mengubah/mendinginkan gas tekanan tinggi berubah jadi cairan tekanan tinggi=>cairan dialirkan ke tabung.
Komponen utama ac:
1.kompresor
berfungsi menyalurkan gas keseluruh sistem
2.kondensor
berfungsi menukar kalor
3.pipa kapiler
berfungsi menurunkan tekanan/mengatur aliran menuju evaporator.
4.evaporator
berfungsi menyerap dan mengalirkan panas dari udara kependingin.
Komponen pendukung ac:
1.saringan/strainer
2.acumulator
berfungsi sebagai penampung sementara refrigeran cair bertemperatur rendah dan campuran pelumas evaporator.
3.oli kompresor
berfungsi melumasi kompresor
4.fan/blower
Komponen kelistrikan ac:
1.thermistor
berfungsi mengatur suhu yang letaknya di evaporator
ada thermister temperatur dan thermistor tabung dipipa evaporator.
2.pcb kontrol
berfungsi mengatur keseluruhan ac.
antaralain:thermistor,sensor,kapasitor,IC,trafo,fuse,sakelar,relay.
3.kapasitor
berfungsi menyimpan sementara muatan listrik dan sebagai penggerak kompresor pertamakali.
4.oveload motor protector
berfungsi sebagai pengaman motor listrik kompresor.
ada overload internal(didalam kompresor 1,5pk-2pk) dan overload eksternal(diluar kompresor 0,5pk-1pk)
5.motor listrik
berfungsi menggerakkan kipas outdoor dan indoor.
6.motor kompresor
berfungsi meggerakkan motor kompresor.
Tips Membeli AC Hemat Energi
Hemat energi, yang selama ini Anda pakai, yang memandang watt saja sebagai satu-satunya acuan atau alat ukur yang menentukan sebuah peralatan listrik dikatakan hemat energi atau tidak, perlu dirubah dengan membuat ratio perbandingan dari output capacity dibanding input power consumption-nya.
Tips bagaimana cara memilih AC yang hemat energi. Mengapa perlu ?
Karena semakin banyaknya merk AC yang ditawarkan produsen di pasaran, dengan berbagai harga, variasi model dan feature yang menarik, tentunya ini menuntut Anda untuk pintar dan jeli memilih mana AC yang benar-benar tepat dan bisa memuaskan Anda sebagai konsumen. Dan yang terpenting adalah tetap hemat energi. Mumpung momennya sekarang lagi digalakkan hemat energi karena kondisi pasokan listrik PLN mengalami defisit sehingga menyebabkan pemadaman bergilir dimana-mana, maka segala usaha, meski kecil, untuk melakukan penghematan energi listrik sangat berarti di negeri ini. Kalau bukan Anda yang peduli siapa lagi.
survey terhadap beberapa merk AC terkenal yang ada di pasaran. Ratio output dibanding input AC bisa dikatakan hemat energi adalah AC yang mempunyai output cooling capacity (Btu/h) dibanding power consumption (Watt) angkanya paling besar. Artinya, semakin tinggi rationya berarti AC semakin hemat dan efisien. Pada contoh diatas maka AC merk Panasonic type Alowa ½ PK lah yang terbukti paling hemat energi dan efisien, baik secara besaran konsumsi energinya (watt) maupun besaran arus daya listrik (ampere) yang dibutuhkan. Urutan kedua disusul oleh AC LG Neo Plasma. Dan kalau pada kelas AC yang berkapasitas 1 PK, AC LG menduduki peringkat pertama sebagai AC yang paling hemat energi . Baru kemudian disusul beberapa merk lain, berturut-turut seperti: Daikin, Sharp dan TCL. TCL, AC ini adalah produk buatan dari Cina. banyak juga rumah-rumah, perkantoran, ruang-ruang mesin ATM yang menggunakan AC merk ini.
TCL ini secara harga memang murah, sebagaimana ciri rata-rata produk Cina pada umumnya. Namun ternyata AC TCL ini justru yang paling boros atau tidak efisien diantara merk-merk AC lainnya.Silahkan bandingkan AC TCL kapasitas 1 PK ternyata cooling capacity nya tidak jauh beda dengan merk Panasonic yang kapasitasnya cuma ¾ PK, bukan?
Sesuaikan capacity dengan kebutuhan Sebelum membeli AC Anda harus tahu berapa luas ruangan yang akan didinginkan oleh AC. Dan rasio untuk mengukur kebutuhan ideal sebuah ruangan adalah sekitar 600 BTU/jam/m2, dengan catatan tinggi ceiling standart (kurang dari 3 meter). Contoh, jika luas ruangan kamar Anda misalnya ukuran 3 X 3 = 9 m2 maka kebutuhan AC-nya adalah sekitar 9 X 600 = 5.400 BTU/h atau 1.58 kW ( 1 kW = 3.412,14 BTU/h) atau setara dengan ½ PK. Mengapa rasio kebutuhan dan kapasitas ini juga perlu diperhatikan? Karena kalau unit AC terlalu besar misalnya malah akan menyebabkan mubazir dan pemborosan energi karena AC malah lebih sering mati hidup terus menerus dengan frekuensi cukup tinggi.
Sebaliknya, jika kapasitas AC terlalu kecil dari kebutuhan luas ruangan yang didinginkan akan menyebabkan AC kerjanya super ekstra dan tidak pernah mati atau cooling down. Pilih AC dengan refrigerant yang ramah lingkungan Pilihlah AC dengan refrigerant yang ramah lingkungan, seperti refrigerant dari jenis hidrokarbon. Jangan menggunakan AC dari refrigerant jenis freon. Karena refigerant dari hidrokarbon selain ramah lingkungan dan sangat mendukung pencegahan terhadap pemanasan global , juga terbukti lebih hemat energi sekitar 20% s/d 30% dibanding AC dengan refrigerant freon
Apa itu Refrigerant “Duracool “?
Apa keuntungan menggunakan Refrigerant “Duracool “ pada peralatan pendingin/ AC ruangan/ AC mobil?
1. Dapat menurunkan konsumsi tenaga listrik/ mesin hingga 35%.
Mengapa konsumsi/ pemakaian tenaga listrik/ mesin bisa turun ? Karena Refrigerant Duracool memiliki berat jenis (BJ) lebih ringan dibandingkan freon (hanya 40% dari BJ freon), karena kerapatan maupun viskositas cairan jenuh dan uap jenuh dari refrigerant Hidrocarbon (HC) lebih kecil dari pada freon, sehingga tenaga yang digunakan untuk menggerakkan kompresorpun lebih kecil.
2. Tidak perlu penambahan dan atau penggantian sparepart (komponen).
Mengapa tidak memerlukan penggantian komponen/ oli? Karena sifat fisikanya, refrigerant Duracool sudah sesuai dan familiar dengan konstruksi, komponen maupun oli dari mesin yang biasa menggunakan refrigerant freon.
3. Kerja kompresor lebih ringan, sehingga kompresor lebih awet dan khusus pada AC mobil membuat kerja mesin tidak terlalu berat.
Mengapa kerja kompresor lebih ringan? Karena refrigerant Duracool yang digunakan lebih ringan, maka kerja kompresor menjadi lebih ringan pula, sehingga umur pemakaian (life time) kompresor lebih lama.
4. Effek pendinginan lebih baik.
Mengapa effek pendinginan lebih baik? Kalor laten penguapan pada NBP (normal boiling point) dari refrigerant Duracool lebih besar dari refrigerant freon, sehingga pengambilan panas pada saat penguapan lebih cepat. Bagaimana dengan kualitas (hasil) pendinginan yang dicapai ? Hasil pendinginan yang dicapai minimal sama bahkan lebih baik dari freon, karena sifat fisika dan termodinamika refrigerant Duracool lebih baik dari freon.
5. Ramah lingkungan.
Mengapa Refrigerant Duracool ramah lingkungan? Karena refrigerant Duracool sangat alamiah, hanya terdiri dari unsur Hidrogen ( H ) dan Carbon ( C ), yang sangat mudah bersenyawa dengan udara.
Jika Anda Peduli terhadap lingkungan di negara kita yang semakin hari semakin panas, global warming, efek rumah kaca.
Sebuah Produk DURACOOL® Refrigerant di Indonesia yang memberikan jaminan atas mutu dan kualitas dalam penyediaan barang atau jasa, kami berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik untuk menjawab kebutuhan konsumen khususnya dalam konversi refrigerant sintetik(Freon AC) ke refrigerant hydrocarbon yang merupakan teknologi terdepan bahan pendingin ramah lingkungan serta hemat energi.
Duracool® Refrigerant menunjang kebijakan – kebijakan pemerintah seperti berikut :
• Di Bidang Energi
• Inpres No.10/2005 tentang Penghematan Energi
• Peraturan Menteri ESDM No.031/2005 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penghematan Energi
• Penghapusan BPO (Bahan Perusak Ozon) dan GRK (Gas Rumah Kaca)
• Kepres RI No.23/1992 (Perlindungan Lapisan Ozon)
• UU No.17/2004 (Pemanasan Global)
Peraturan terbaru :
• Peraturan Menteri Perdagangan Replublik Indonesia No. 24/M-DAG/PER/6/2006 “Tentang ketentuan impor bahan perusak lapisan ozon”
• Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia No. 33/M-IND/PER/4/2007 “Tentang larangan memproduksi bahan perusak lapisan ozon serta memproduksi barang yang menggunakan bahan perusak lapisan ozon”
“ Terhitung mulai tanggal 1 juli 2008, Bahan Perusak Ozon dilarang digunakan untuk mesin pengatur suhu udara (Air Conditioning / AC) yang digunakan di dalam ruangan, kendaraan bermotor, lemari es di dalam rumah tangga, dan alat pemadam api ”
- HC-12 ® diproduksi sebagai pengganti refrigerant CFC R-12 yang merusak lapisan ozon dan dapat mengakibatkan pemanasan global.
- HC-134a ® diproduksi sebagai pengganti refrigerant HFC R-134a yang dapat mengakibatkan pemanasan global.
- HC-22 ® diproduksi sebagai pengganti refrigerant HCFC R-22 yang merusak lapisan ozon.
- HC-600 ® diproduksi sebagai pengganti refrigerant CFC R-600 yang merusak lapisan ozon
Keuntungan menggunakan Duracool® Refrigerant :
- Menurunkan penggunaan listrik sampai dengan 15% - 25% (hemat listrik)
- Menambahkan umur kompresor (awet)
- Ramah lingkungan (tidak beracun dan tidak merusak lingkungan)
- Tidak merusak lapisan ozon (Non ODP)
- Tidak meningkatkan pemanasan global (Non GWP)
- Pencapaian temperatur dingin lebih cepat (hemat energi)
- Suara mesin kompresor menjadi lebih halus
- Kompatibel dengan semua merek AC
ABOUT FREON R-22
R22 memegang peranan penting dalam sistem refrigerasi, sejak ditemukan pada tahun 1930. Hal ini dikarenakan CFC memiliki properti fisika dan termal yang baik sebagai refrigeran, stabil, tidak mudah terbakar, tidak beracun dan kompatibel terhadap sebagian besar bahan komponen dalam sistem refrigerasi. Akan tetapi setelah masyarakat mengetahui hipotesa bahwa CFC termasuk Ozone Depleting Substance (ODS), yaitu zat yang dapat menyebabkan kerusakan ozon, masyarakat mulai mencoba melakukan penghentian pemakaian ODS dan dituangkan ke dalam beberapa konvensi, seperti Vienna Convention pada bulan Maret 1985, Montreal Protocol pada bulan September 1987 dan beberapa amandemen lainnya. Pemerintah Indonesia telah meratifikasinya melalui Keppres RI No. 23 tahun 1992.
R134a sebagai salah satu alternatif memiliki beberapa properti yang baik, tidak beracun, tidak mudah terbakar dan relatif stabil. R-134a juga memiliki kelemahan di antaranya, tidak bisa dijadikan pengganti R-12 secara langsung tanpa melakukan modifikasi sistem refrigerasi (drop in subtitute), relatif mahal, dan masih memiliki potensi sebagai zat yang dapat menyebabkan efek pemanasan global karena memiliki Global Warming Potential (GWP) yang signifikan. Selain itu R-134a sangat bergantung kepada pelumas sintetik yang sering menyebabkan masalah dengan sifatnya yang higroskopis.
Alternatif lain yang ditawarkan adalah refrigeran hidrokarbon. Sebenarnya hidrokarbon sebagai refrigeran sudah dikenal masyarakat sejak 1920 di awal teknologi refrigerasi bersama fluida kerja natural lainnya seperti ammonia, dan karbon dioksida. Hidrokarbon yang sering dipakai sebagai refrigeran adalah propana (R-290), isobutana (R-600a), n-butana (R-600). Campuran yang sering digunakan di antaranya R-290/600a, R-290/600 dan R-290/R-600/R-600a.
Hidrokarbon memiliki beberapa kelebihan seperti ramah lingkungan, yang ditunjukkan dengan nilai Ozon Depleting Potential (ODP) nol, dan GWP yang dapat diabaikan, properti termofisika dan karakteristik perpindahan kalor yang baik, kerapatan fasa uap yang rendah, dan kelarutan yang baik dengan pelumas mineral.
Pemakaian hidrokarbon dengan isu hemat energi dan ramah lingkungan masih belum bisa diterima secara luas seperti pemakaian freon sebagai refrigeran. Hal ini disebabkan oleh kekhawatiran masyarakat akan sifat hidrokarbon yang bisa terbakar. Sifat ini sebenarnya tidak membahayakan jika digunakan sesuai prosedur yang benar. Untuk memahami bekerja dengan prosedur yang benar, mau tidak mau diperlukan pengetahuan tentang karakteristik hidrokarbon. Seperti pepatah mengatakan, “tak kenal maka tak sayang”, kita tidak akan mau menggunakan hidrokarbon jika tidak mengenalnya.
REFRIGERAN DAN ASPEK LINGKUNGAN
Refrigeran kelompok halokarbon merupakan refrigeran sintetik karena tidak terdapat di alam secara langsung. Refrigeran ini mempunyai satu atau lebih atom dari golongan halogen; khlorin, fluorin dan bromin.Meskipun dari segi teknik refrigeran ini mempunyai sifat yang baik, seperti kestabilan yang tinggi, tidak mudah terbakar dan tidak beracun, refrigeran ini termasuk ODS. Jika gas CFC yang memiliki dua atom khlorin terlepas ke udara dan terkena sinar ultraviolet akan terurai. Atom khlorin (Cl) akan terlepas dan bereaksi dengan ozon (O3) mengambil satu atom oksigen dari ozon untuk membentuk khlorin monoksida dan oksigen. Khlorin monoksida akan bereaksi dengan atom oksigen lainnya membentuk molekul oksigen dan atom khlorin membentuk oksigen. Atom khlorin hanya beraksi sebagai katalis dalam reaksi. Oleh karena itu satu atom khlorin mampu terus menerus mengubah ozon menjadi oksigen melalui ribuan reaksi sejenis.
Dengan menipisnya lapisan ozon, lapisan pelindung yang terletak pada ketinggian sekitar 15-50 km di atas permukaan bumi, radiasi ultraviolet dari matahari akan langsung sampai ke bumi yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan gangguan keseimbangan ekosistem.
KARAKTERISTIK TERMOFISIKA HIDROKARBON
Pemilihan hidrokarbon sebagai refrigeran alternatif ramah lingkungan pengganti CFC dan HCFC harus memperhatikan beberapa hal diantaranya titik didih pada tekanan normal , kapasitas volumetrik dan efisiensi energi. Titik didih harus diperhatikan untuk menjamin apakah tekanan operasi sama dengan CFC untuk menghindari keperluan penggantian peralatan tekanan tinggi seperti kompresor.
Salah satu refrigeran hidrokarbon yang digunakan sebagai contoh dalam makalah ini adalah MUSICOOL, yang diproduksi oleh Pertamina Unit pengolahan III Plaju. Sifat fisika refrigeran hidrokarbon MUSICOOL berdasarkan pengujian laboratorium Pertamina ditampilkan pada Tabel 2, yang menunjukkan bahwa hidrokarbon MUSICOOL (MC) mampu menggantikan refrigeran sintetik (CFC, HCFC, HFC) secara langsung tanpa penggantian komponen sistem refrigerasi. MC-12 menggantikan R-12, MC-22 menggantikan R-22 dan MC-134 menggantikan R-134a. Sifat fisika dan termodinamik hidrokarbon MUSICOOL memberikan kinerja sistem refrigerasi yang lebih baik, keawetan umur kompresor, dan hemat energi. Beberapa parameter perbandingan kinerja MUSICOOL terhadap refrigeran sintetik pada system refrigerasi dengan beban 1 TR pada suhu kondensasi 100 oF dan suhu evaporator 40 oF. (*)
SIFAT-SIFAT REFRIGERAN
Sifat – sifat refrigerant yang harus dipenuhi untuk kebutuhan mesin pendingin adalah :
- Tekanan penguapan harus cukup tinggi.
Sebaiknya refrigeran memiliki temperatur pada tekanan yang lebih tinggi, sehingga dapat dihindari kemungkinan terjadinya vakum pada evaporator dan turunnya efisiensi volumetrik karena naiknya perbandingan kompresi.
- Tekanan pengembunan yang tidak terlampau tinggi.
Apabila tekanan pengembunannya terlalu rendah, maka perbandingan kompresinya menjadi lebih rendah, sehingga penurunan prestasi kondensor dapat dihindarkan, selain itu dengan tekanan kerja yang lebih rendah, mesin dapat bekerja lebih aman karena kemungkinan terjadinya kebocoran, kerusakan, ledakan dan sebagainya menjadi lebih kecil.
- Kalor laten penguapan harus tinggi.
Refrigeran yang mempunyai kalor laten penguapan yang tinggi lebih menguntungkan karena untuk kapasitas refrigerasi yang sama, jumlah refrigeran yang bersirkulasi menjadi lebih kecil.
- Volume spesifik ( terutama dalam fasa gas ) yang cukup kecil.
Refrigeran dengan kalor laten penguapan yang besar dan volume spesifik gas yang kecil ( berat jenis yang besar ) akan memungkinkan penggunaan kompresor dengan volume langkah torak yang lebih kecil. Dengan demikian untuk kapasitas refrigerasi yang sama ukuran unit refrigerasi yang bersangkutan menjadi lebih kecil. Namun, untuk unit pendingin air sentrifugal yang kecil lebih dikehendaki refrigeran dengan volume spesifik yang agak besar. Hal tersebut diperlukan untuk menaikkan jumlah gas yang bersirkulasi, sehingga dapat mencegah menurunnya efisiensi kompresor sentrifugal.
- Koefisien prestasi harus tinggi.
Dari segi karakteristik thermodinamika dari refrigeran, koefisien prestasi merupakan parameter yang terpenting untuk menentukan biaya operasi.
- Konduktivitas termal yang tinggi.
Konduktivitas termal sangat penting untuk menentukan karakteristik perpindahan kalor.
- Viskositas yang rendah dalam fasa cair maupun fasa gas.
Dengan turunnya tahanan aliran refrigeran dalam pipa, kerugian tekanannya akan berkurang.
- Konstanta dielektrika dari refrigeran yang kecil, tahanan listrik yang besar, serta tidak menyebabkan korosi pada material isolator listrik. Sifat-sifat tersebut dibawah ini sangat penting, terutama untuk refrigeran yang akan dipergunakan pada kompresor hermetik.
- Refrigeran hendaknya stabil dan tidak bereaksi dengan material yang dipakai, jadi juga tidak menyebabkan korosi.
- Refrigeran tidak boleh beracun dan berbau merangsang.
- Refrigeran tidak boleh mudah terbakar dan mudah meledak. (**)
Cara mencuci ac split dapat anda lakukan bila anda mempunyai sebuah mesin steam.
selain itu anda juga harus menyiapkan sebuah terpal yg berukuran panjang 3 meter dan lebar 1,5 meter.
terpal ini berfungsi untuk mengalirkan air kotor dari ac yg kita service ke sebuah bak/ember yg diletakan dibawah ujung terpal.
anda juga membutuhkan plastik ukuran panjang 1,5 meter dan lebar 30 cm untuk menutupi bagian atas indoor unit agar disaat anda mencuci ac split, tekanan air yg keluar dari mesin steam tidak membasahi plafon.
anda juga harus menutupi bagian komponen pcb dengan sebuah kantung plastik, agar air tidak mengenai komponen pcb.
bila air mengenai komponen pcb akan mengakibatkan kerusakan dan ac split tidak akan berfungsi/mati total.
Pertama-tama sebelum melakukan pencucian ac split anda harus terlebih dahulu mencabut steker ac agar aliran listrik tidak tersambung pada ac split.
ini untuk menjaga keselamatan agar anda tidak tersengat arus listrik disaat anda mencuci ac split.
selanjutnya buka tutup indoor unit, ada sebuah ac split merk tertentu yg menyembunyikan letak posisi baut pengunci tutup indoor unit.
jika anda tidak mengetahui letak posisi baut pengunci tutup indoor unit itu, saya sarankan membaca buku petunjuknya.
setelah tutup indoor unit terbuka, pasang terpal yg bagian atas sebelah kanan yg sudah diikatkan sebuah tali plastik atau karet ban dalam, agar terpal dapat menggantung/terikat dibawah sisi indoor unit.
jangan lupa pasang plastik dibagian atas indoor unit, dan kantung plastik untuk menutupi bagian komponen indoor unit.
selanjutnya bila pemasangan terpal sudah dilakukan dan mesin steam sudah dipasang, operasikan mesin steam dan tunggu sampai tekanan air keluar dari ujung selang.
mesin steam yg merknya terkenal dapat secara otomatis ke posisi off bila pada ujung spray gun ditutup.
tapi bila mesin steam anda tidak otomatis, saya sarankan pada waktu pencucian ac, anda meminta bantuan seseorang untuk mengoperasikan mesin steam dan menambahkan air kedalam bak yg susut karena terhisap oleh mesin steam.
lakukan penyemprotan pada evaporator bagian atas dulu, lalu turun kebagian bawah dan lakukan berulang-ulang sampai evaporator bersih dari kotoran dan lumut.
bila lubang selang pembuangan air dialihkan kesebelah kanan, semprot lubang pembuangan air sampai lumut yg berada pada selang pembuangan air keluar semua.
tapi bila lubang pembuangan air berada disebelah kanan dekat komponen pcb, hati-hati menyemprotnya karena semprotan air dapat mengenai komponen pcb.
untuk itu pergunakan selang yg panjangnya 50 cm yg diameternya lebih kecil dari lubang pembuangan air, agar selang dapat masuk ke lubang pembuangan air dan semprotkan selang tersebut agar kotoran/lumut yg berada pada lubang pembuangan air dapat dibersihkan/dikeluarkan.
setelah bagian evaporator dibersihkan, beralih kebagian blower yg berada dibawah evaporator, lakukan penyemprotan sampai air yg mengalir keluar melalui terpal menjadi bening/bersih.
lakukan lagi penyemprotan pada bagian evaporator dan bagian blower sampai benar-benar indoor unit menjadi bersih.
setelah penyemprotan indoor telah selesai dilakukan, lap bagian bawah sisi indoor unit dengan kain kering, lalu lepaskan terpal dan kantung plastik pada komponen indoor unit.
bersihkan tutup indoor unit beserta filternya, bila sudah dibersihkan lap tutup dan filter indoor unit sampai benar-benar kering, khususnya bagian yg menutupi komponen pcb.
pasang kembali tutup indoor unit dan jangan lupa pasang kembali bautnya.
setelah penyemprotan pada indoor unit telah selesai, beralih kebagian outdoor unit, dibagian ini tidak diperlukan terpal atau kantung plastik.semprotkan bagian condenser yg dipenuhi oleh debu, cuci outdoor sampai bersih.
setelah penyemprotan/pembersihan pada outdoor selesai dilakukan, operasikan ac split, keringkan air yg keluar dari bagian blower indoor ketika ac dioperasikan.
Cara pemasangan dapat anda lakukan bila tool/alat-alat kerja sudah anda miliki, seperti:
- kunci-kunci perkakas contoh obeng kembang, palu, kunci inggris dsb.
- flare nut yaitu sebuah alat untuk mengembangkan ujung pipa ac split.
- pemotong pipa, yang berfungsi untuk memotong pipa ac ac split.
- bor listrik.
- manifold.
- freon/regrigerant.
pemasangan ac split yang baru biasanya dilakukan oleh teknisi dari toko ac yang anda beli, tapi bila anda sudah menpunyai teknisi atau ingin pasang sendiri anda bisa membeli unit ac nya saja. pertama-tama yang harus dilakukan dalam pemasangan ac split adalah melihat posisi dimana ac split akan dipasang dan kemana jalur pipa instalasi ac split harus ditempatkan, diatas plafon, ditanam didalam tembok atau melubangi tembok dengan cara memboboknya dengan sebuah pahat.
setelah menentukan posisi ac split yang cocok, buka dus yg berisi indoor unit yang didalamnya terdapat indoor unit, bracket indoor, kabel power supply untuk ke outdoor unit dan remote control.
dibelakang indoor unit terdapat bracket yang harus anda lepaskan, lalu pasang pada dinding dengan posisi yamg anda inginkan.
memasang bracket indoor dapat anda lakukan dengan memakunya dengan paku beton atau mengebornya bila ingin menggunakan fisher, posisikan bracket indoor dengan waterpas agar tidak miring kekanan dan kekiri agar air yang keluar dari indoor unit dapat dengan lancar keluarnya.
setelah bracket indoor terpasang, pada bagian mana drat nepel dari pipa indoor unit akan diposisikan?
bila pada bagian kanan bawah dari bracket indoor, anda harus membuat lubang atau membobok temboknya yang diameter bobokannya sesuai dengan selang pembuangan air dan pipa ac yang keluar dari indoor unit.
bila anda tidak ingin membobok tembok anda dapat mengeluarkan drat nepel yang keluar dari indoor melalui sisi kanan atau kiri dari indoor yang sudah disediakan.
setelah bracket indoor terpasang dan bobokannya sudah siap, pasang indoor unit pada bracket dan posisikan drat nepel keluar dari indoor unit pada lubang bobokan tembok.
setelah indoor terpasang pada bracket, dorong keatas dan tarik kebawah agar indoor terkunci dengan bracket.
biasanya bila anda membeli ac split yang merknya bukan changhong, anda tidak akan mendapatkan pipa ac split dan bracket outdoornya.
jadi anda harus membeli pipa ac split, tergantung berapa meter yang anda butuhkan untuk pemasangan ac split nya dan membeli bracket outdoor bila posisi untuk outdoor unit harus diletakan dibawah plafon atau digantung pada dinding tembok.
setelah pemasangan indoor telah selesai dilakukan, beralih ketahap pemasangan pipa instalasi ac split.
pipa instalasi ac split ini terbuat dari tembaga yang lentur dan mudah dibentuk dalam pelaksanaan pemasangannya.
tapi hati-hati jangan sampai ada instalasi pipa ac split yang tertekuk atau penyok, karena dapat menghambat sirkulasi freon yang dapat menyebabkan ac split tidak mau dingin atau bekerja dengan normal.
instalasi pipam harus disesuaikan dengan kapasitas ac/pk nya, bila ac split anda 1 pk 0,75 pk atau 0,50 pk berarti harus menggunakan pipa instalasi ac split yang berukuran 1/4 dan 3/8.
semakin besar kapasitas ac split, semakin besar pula ukuran instalasi pipa ac split yang digunakan.
buka 2 buah mur nepel yang berada pada pipa di indoor unit dengan menggunakan 2 buah kunci inggris.
jangan kaget bila ada angin yang keluar saat anda melepaskan 2 buah nepel tersebut, yang keluar itu bukan freon tapi hanya angin.
Cara penggantian compressor pada ac split
dibutuhkan sebuah alat pengelasan yaitu tabung camping gas dan tabung oxigen.
bisa juga dilakukan dengan pengelasan menggunakan blender, bila anda belum mempunyai tabung oxigen.
bila anda menggunakan sistem pengelasan dengan menggunakan blender, waktu anda ingin melepaskan dua buah sambungan pipa di compressor "yg bertanda lingkaran merah pada gambar" anda harus membuka semua tutup body outdoor agar hawa panas dari blender tidak mengenai compressor.
tapi saya sarankan anda menggunakan sistem pengelasan dengan campuran oxigen, agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.
setelah melepaskan dua buah sambungan pipa pada compressor, lepaskan tiga buah mur yg berada pada bagian bawah kaki compressor dengan menggunakan kunci ring atau pas ukuran 12-13.
setelah melepaskan tiga buah mur pada kaki compressor, angkat compressor keluar dari dudukannya.
penggantian compressor harus sesuai dengan type label yg berada pada body compressor, atau bisa juga diganti dengan dasar persamaan kapasitas pendinginan.
contoh sebuah compressor national 1 pk bisa diganti dengan compressor merk hitachi yg berukuran 1 pk juga, walaupun pada kaki compressornya berbeda dengan merk national sehingga baut pada lubang dudukan pada kaki compressor hanya dapat dipakai 1 atau 2 buah saja.
pada waktu penggantian compressor, ganti pipa kapiler dan saringannya agar freon dapat bersikulasi dengan lancar.
bila anda belum mengetahui cara pencarian terminal compressor (s c r) dapat anda lihat pada tutup terminal compressor.
atau anda bisa juga dengan mengukur tahanan 3 buah terminal compressor tersebut dengan sebuah multitester.
caranya adalah sebagai berikut :
posisikan multitester pada skala ohm x 10 ukur semua tahanan ketiga terminal compressor sampai menemukan tahanan yg terkecil, bila sudah anda dapatkan tahanan yg terkecil, satu terminal yg tidak tersentuh probe tester itu adalah (s)atau starting yg dihubungkan dengan running capasitor.
sedangkan untuk pencarian (r) nya ukur dari terminal (s) dengan terminal lainnya, tahanan yg terbesar adalah (r) yg juga dihubungkan dengan running capasitor dan 1 line listrik dan tahanan yg terkecil adalah (c) yg dihubungkan langsung dengan line listrik.
setelah compressor, saringan dan pipa kapiler sudah terpasang dan nepel pipa instalasi juga sudah terpasang pada kran valve, operasikan ac split.
pasang selang manifold warna biru pada pentil pengisian freon dan buka kran manifold warna biru/tekanan rendah.
setelah outdoor unit mendapat supply listrik lakukan pemakuman yaitu dengan cara menutup kran valve hisap dengan kunci L sampai tertutup rapat.
angin akan keluar dari ujung selang yg berwarna kuning, diamkan sampai angin habis atau tidak ada lagi angin yg keluar dari ujung selang warna kuning.
setelah angin yg keluar benar-benar habis, tutup kran manifold warna biru sampai benar-benar tertutup rapat.
buka kran hisap yg tadinya ditutup dengan kunci L sampai terbuka penuh, lalu pasang selang manifold warna kuning pada tabung freon.
buka kran pada tabung freon lalu isikan freon dengan cara membuka kran manifold warna biru/tekanan rendah.
lakukan pengisian freon sambil melihat amper compressor pada tang amper, bila amper normal lanjutkan pengisian freon.
tapi bila amper tinggi, ganti pipa kapiler dengan ukuran yg lebih besar dan lakukan pengecekan kebocoran pada sambungan compressor yg baru di las dengan air sabun bila outdoor sudah terisi dengan freon.
CARA ISI FREON
Pertama-tama yang harus dilakukan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan ac split.
lalu pasang selang berwarna biru yang berada pada manifold di pentil pengisian freon.
setelah selang manifold berwarna biru terpasang, adakah tekanan freon?
dengan melihat jarum manifold tekanan rendah yang berwarna biru.
jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin atau ac split ada kebocoran.
cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yang diberi air sabun, bila tidak diperbaiki atau dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali.
bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yang harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan atau pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.
apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki atau dilas, sistim pendingin atau ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum.
vakum yang baik harus mencapai 30", lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum???
tenang saja masih ada cara, yaitu dengan menggunakan compressor atau outdoor unit yang akan kita isi freonnya, caranya adalah sebagai berikut :
1. pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon (posisi kran ditabung freon dlm keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh).
2. buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yang ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.
3. masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan (posisi klep nepel ditutup).
4. operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.
5. setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru.
6. setelah tidak ada angin yang keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yang berada pada kran nepel 3/8 (posisi kran nepel terbuka penuh).
7. isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yang sudah masuk kedalam sistem pendingin atau ac split.
pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.
buka kran manifold........ sebentar........ lalu tutup kembali, lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yang sudah masuk pada jarum penunjuk yang ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac split yang berukuran 3/8 yang berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yang ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.
bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac split menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin.
perhatikan juga amper compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas amper(current) yang dapat anda lihat pada sisi indoor unit.
Berapa ukuran PSI freon yang harus kita isi ke AC kita,
itu tergantung besaran berat freon yang ada, mungkin
kebanyakan untuk saat ini masih menggunakan R22 , besaran PK tidak sepenuhnya
ukuran berapa PSI nya tapi harus di pertimbangkan jarak indoor dan outdoornya
karena semakin jauh semakin banyak isinya, jadi anda kalau rumah sendiri bisa
anda gunakan analiser juga tang Amphere , di situ anda bisa mengisi freon
sesuai dengan kebutuhan yang anda pakai perlu di ingat memang kalau isinya
tepat atau lebih banyak memang dingin yang di capai cepat, listrik yang anda
butuhkan juga banyak, dan compresor kerja cukup berat, tapi suhu di capai
cepat, tentunya compresor cepat berhenti, kalau freon kita isi sesuai kebutuhan
untuk cukup dalam ruangan tentunya isi freon tidak terlalu banyak untuk
mendinginkan cukup waktu dikit tapi compresor kerjanya tidak terlalu keras.
Memang dalam pemasangan orang biasa pakai patokan dari isi Compresor out door
yang sudah dari toko terisi biasanya di patokan max panjang pipa 5 m dan ini
banyak kita lihat tenaga ahlinya tidak bawa analiser atau Vakum, Dia hanya
membuka higtpress, lowpressnya di buka cicinya biar udara di pipa indoor
keluar, setelah itu di runningkan untuk mempercepat waktu, padahal di sini
banyak merugikan konsumen yang akan cepat menimbulkan pada kerusakan mesin.
Karena pada sst pemasangan sangat di perlukan analiser atau pun fakum karena apa bila kelebihan freon maka amper listrik amphere besar,tidak di fakum pasti ada udara yang terjebak akibat nya pendingin akan berkurang, dan juga tidak di ketahuinya kebocoran pipa pada saat pemasangan. Untuk ukuran psi biasanya kurang lebih 30 PSI sampai 50 PSI,t idak mengukur berapa tekanan freon akibatnya listrik amphere besar.2 .tidak di fakum pasti ada udara yang terjebak akibat pendinginan berkurang. sambil kita tengok nameplat di comp, biasanya harus di bawah running yang tertera.
***sumber dari sobat-sobat teknisi se-indonesia
Karena pada sst pemasangan sangat di perlukan analiser atau pun fakum karena apa bila kelebihan freon maka amper listrik amphere besar,tidak di fakum pasti ada udara yang terjebak akibat nya pendingin akan berkurang, dan juga tidak di ketahuinya kebocoran pipa pada saat pemasangan. Untuk ukuran psi biasanya kurang lebih 30 PSI sampai 50 PSI,t idak mengukur berapa tekanan freon akibatnya listrik amphere besar.2 .tidak di fakum pasti ada udara yang terjebak akibat pendinginan berkurang. sambil kita tengok nameplat di comp, biasanya harus di bawah running yang tertera.
***sumber dari sobat-sobat teknisi se-indonesia
0 komentar:
Posting Komentar
konsultasi dan komentar